cara menanam sawi hidroponik, Sayuran Sehat setiap saat dari kebun sendiri.

Jangan berfikir jika menanam sayuran sawi ini sulit ya,
Taukah kamu, sawi ini adalah salah satu sayuran yang paling mudah untuk di budidayakan lho,
Tidak percaya?
Baca ulasannya sampai selesai,

Sawi ada banyak jenisnya, kita ambil contoh yang umum yaitu sawi caesim atau sawi hijau atau sawi mie ayam dan sawi pakchoy atau sawi Bangkok atau sawi sendok saja.

Pertama, pilih biji/ benih yang bagus, masih baru, tidak kadaluarsa bila perlu dari merek yang berkualitas

Kedua, pemilihan media tanam, bisa menggunakan rockwoll atau cocopeat atau sekam bakar, pengalaman kami memakai rockwoll lebih mudah dan praktis terutama untuk tahap belajar dan praktis untuk budidaya sekala bisnis

Ketiga, gunakan pupuk/ Nutrisi khusus hidroponik Ab-mix, untuk nutrisi sifatnya umum kebanyakan produsen-produsen nutrisi kualitasnya standar baik jadi tidak perlu bingung mau pakai merek yang mana
Keempat, lakukan tahapan – tahapan menanamnya dengan benar seperti :

Tahap persemaian, yang perlu diperhatikan adalah :
Setelah kita potong – potong rockwoll, buat lubang ditengahnya, basahi dengan air bersih, lalu masukan benih sawi.

Setelah itu langsung di jemur di sinar matahari pagi sampai sebelum siang. Jangan sampai terlambat menjemurnya ya karena bisa terjadi bibit kutilang ( kurus tinggi langsing ), dan kalau sudah kutilang harus semai ulang lagi.
Lakukan proses penjemuran sampai bibit tumbuh 4 helai daun sejati, dan saat 4 daun inilah kita beri bibit dengan Nutrisi dengan dosis ¼ nya saja dari total kebutuhan nutrisinya saat dewasa.

Nah, saat 4 daun sejati ini sudah dapat dipindah ke system hidroponik yang ada, missal menggunakan system botol bekas, bak, paralon atau NFT, DFT, rakit apung dan lain lain.
Setelah bibit dipindah ke system kita berikan nutrisi sesuai dengan kebutuhan sampai panen, pada umumnya sawi hidroponik ini bisa dipanen dari mulai pindah tanam kesistem sekitar 20 sampai 30 hari. Dan proses dari semai sampai siap pindah berkisar 14 hari.

Memang mudah kan, walau perlu sedikit kesabaran ya… tetap positif dan semangat menanam. yuk mulai belajar dan menanam dengan teknik HIDROPONIK.

Salam hijau,

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *